Pentingnya berfikir hal positif

1. Membantu mengatasi stres lebih cepat dan efektif

Stres merupakan tekanan yang berasal dari dalam diri maupun luar. Oleh karena itu, stres perlu segera diatasi agar akumulasi dari tekanan ini tidak berlebihan. Pengendalian atau pengelolaan stres oleh diri sendiri sangat diperlukan salah satunya yaitu dengan mengembalikan diri pada sang pencipta dan selalu berfikir tetap positif. Dengan begini semua kecemasan dan ketakutan yang difikirkan belum tentu terjadi sehingga membatasi diri untuk memiliki rasa cemas berlebihan.

2. Membina hubungan baik dengan sesama

Selain itu akan membantu kita untuk terjauhkan dari perasaan “baper” atau bawa perasaan yang ujung-ujungnya membuat kita menjadi pribadi yang terlalu sensitif. Kenyataannya, tidak semua orang yang kita jumpai akan bersikap ramah seperti apa yang kita lakukan kepada orang lain. Namun, dengan mempertahankan sikap positif dalam pikiran kita, semua faktor eksternal yang dapat membuat hati dan perasaan menjadi sedih akan segera terlewatkan begitu saja. Kita akan lebih mudah membina hubungan baik dengan sesama, tanpa perasaan curiga, was-was atau perasaan negatif lainnya.

3. Membuat kita menjadi lebih percaya diri

Orang dengan pikiran positif selalu percaya terhadap dirinya sendiri. Dia yakin menjadi diri sendiri lah yang lebih baik daripada hanya meniru niru orang lain. Menjadi diri sendiri dengan memahami kelebihan dan kekurangan diri merupakan sumber kekuatan dalam diri. Dengan begitu rasa syukur terhadap diri juga akan semakin tinggi, disinilah rasa percaya diri seseorang semakin meningkat dan pengembangan diri menjadi sukses.

3 Ciri – ciri Rumah yang sehat

1. Rumah yang Bebas Serangga Kotor

ciri rumah bersih

Apa sih yang dimaksud dengan serangga kotor?Serangga kotor adalah serangga-serangga yang hidupnya di area tidak higienis seperti tempat lembap, berdebu, dan becek.Kecoa, rayap, nyamuk, dan lalat merupakan beberapa serangga yang sering menghantui rumah kotor.

2. Rumah yang Berlantai Bersih

ciri rumah bersih

Lantai merupakan salah satu komponen pembangun dan interior rumah terpenting karena mudah terlihat dan sering digunakan.Lantai yang bersih dapat melindungi kamu dari berbagai macam bakteri mematikan.Lantai yang kinclong merupakan ciri rumah bersih karena penghuni yang membersihkan lantai sampai tuntas pasti tidak akan membiarkan kotoran untuk menempel di tempat lain.

3. Rumah yang Menyediakan Tempat Sampah yang Cukup

ciri rumah bersih

Ciri rumah sehat yang berikutnya adalah tempat sampah yang tersebar hampir di seluruh ruangan.Jujur, deh, kamu pasti sering menunda membuang sampah karena letak bin yang terlalu jauh, kan?Kalau masih ingat untuk dibuang, sih, bagus— lah, kalau lupa?Untuk mengakali masalah ini, taruhlah beberapa tempat sampah di dalam rumah.Semakin banyak tempat sampah yang disimpan, jumlah sampah yang berserakan di mana-mana pun akan berkurang.

Nutrisi

Nutrisi atau gizi adalah substansi organik yang dibutuhkan organisme untuk fungsi normal dari sistem tubuh, pertumbuhan, pemeliharaan kesehatan. Penelitian di bidang nutrisi mempelajari hubungan antara makanan dan minuman terhadap kesehatan dan penyakit, khususnya dalam menentukan diet yang optimal.

Manfaat sarapan pagi

  1. Memberikan Energi Lebih
    Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.
  2. Menyegarkan Otak
    Manfaat sarapan juga baik untuk otak Anda. Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak Anda dapat berpikir lebih baik dan cepat.
  3. Menjaga Konsentrasi
    Sarapan juga diketahui dapat memperbaiki kemampuan berpikir Anda dan menjaga Anda agar tetap fokus dalam melakukan pekerjaan atau aktivitas.
  4. Mencegah Penyakit Maag
    Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih di lambung dan berakibat sakit maag.
  5. Menyehatkan Tubuh
    Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang.

Tips menjaga pola makan

Tips menerapkan pola makan sehat – Tak hanya rajin berolahraga, untuk mendapatkan tubuh yang bugar dan sehat, Anda juga perlu menerapkan pola makan sehat. Perlu diketahui bahwa pemilihan makanan bisa membawa dampak baik atau buruk bagi tubuh.

Atur Jam Makan

pola makan sehat

Tips menerapkan pola makan sehat yang pertama adalah mengatur jam makan Anda. Sebagai contoh, Anda mengatur jam makan tiga kali sehari dengan jam yang sudah ditentukan. Nah, dengan adanya peraturan tersebut, Anda hanya bisa makan pada jam yang sudah ditentukan sebelumnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari makan makanan yang tidak perlu di jam-jam lain yang bisa menyebabkan obesitas.

Hindari Makanan Olahan

pola makan sehat

Menghindari makanan olahan juga jadi tips menerapkan pola makan sehat yang berikutnya. Pilihlah makanan-makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, daging tanpa lemak, susuh rendah lemak, hingga pasta gandum dan roti.

Tidak berhenti sampai di situ, selain mengonsumsi makanan sehat, Anda juga disarankan untuk makan seimbang. Dikutip dari Kompas, ahli gizi Cheryl Forberg menyarankan konsumsi makanan yang mengandung 45 persen karbohidrat, 30 persen protein, dan 35 persen lemak baik.

Perbanyak Konsumsi Sayuran

pola makan sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, untuk menerapkan pola makan sehat Anda juga harus memperbanyak konsumsi sayuran, khususnya sayuran hijau. Perlu Anda ketahui bahwa sayuran kaya serat dan air bisa membuat perut kenyang. Itu sebabnya, Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak sayur seperti bayam, tomat, atau sayuran hijau.

Soal jumlahnya, disarankan untuk mengonsumsi dua buah sayuran dan buah tiap harinya. Anda bisa menyebarkan ke tiga waktu makan dan camilan untuk membuat perut tetap kenyang. Selain itu, konsumsi buah dalam menu sarapan.

Minum Air Putih

pola makan sehat

Tips menerapkan pola makan sehat yang berikutnya adalah minum air putih. Anda bisa meneguk 1,5 hingga 2 liter air tiap harinya. Bukan tanpa alasan. Hal tersebut bertujuan agar tubuh lebih berenergi, fungsi otak lebih baik, dan metabolism lebih cepat.

Pentingnya Pendidikan

Pendidikan merupakan dimana seseorang akan memulai untuk membangun alur hidupnya masing-masing, dan lewat pendidikan mereka akan dibimbing, diarahkan, dan dibekali teori-teori bagaimana cara untuk membangun dan menjalani kehidupan yang baik dan layak. Setiap orang pasti membutuhkan pendidikan, baik orang yang sudah dianugerahi kecerdasan maupun orang yang belum dianugerahi kecerdasan, baik orang yang normal akal sehatnya maupun orang yang memiliki kelainan. Pendidikan akan menjadikan seseorang lebih luas wawasannya, lebih bijaksana, dan memiliki kepribadian yang tangguh.